Fakultas Keguruan Harus Menjadi Unggulan



Jenjang kuliah merupakan jenjang lanjutan setelah sekolah menengah atas, yang fungsinya untuk mengembangkan dan memfokuskan pelajaran yang telah kita peroleh dalam pendidikan sebelumnya. Ketika memasuki jenjang kuliah, kita harus memilih jurusan dengan teliti sesuai dengan yang kita cita-citakan. Tidak harus menuruti keinginan orangtua dalam pemilihan jurusan, karena minat kita akan berpengaruh terhadap nilai kita nantinya.
            Banyak jurusan yang bisa kita pilih, salah satunya fakultas keguruan. Tidak bisa dipungkiri bahwa negara kita terus membutuhkan guru yang kompeten. Banyaknya siswa juga harus diimbangi dengan jumlah guru yang harus disediakan. Fakultas keguruan harus terus ada agar Indonesia tetap mampu memproduksi guru-guru yang kompeten untuk anak bangsa. 
            Semakin banyak guru yang ada,langkah untuk melakukan pemerataan pendidikan pun semakin nyata. Sangat banyak tenaga guru yang dibutuhkan di tempat-tempat terpencil yang jauh dari kota. Pemerintah pun akan semakin mudah melaksanakan pemerataan pendidikan jika banyak tenaga guru. 
            Seorang guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Keberhasilan guru dinilai dari keberhasilan muridnya. Diperlukan niat yang tulus dan ikhlas agar guru mampu menjadikan muridnya orang yang berguna. Untuk itu, kuliah di jurusan keguruan tidak hanya untuk mempelajari ilmu yang akan diajarkan, tapi juga belajar mempersiapkan mental agar bisa terus sabar dan ikhlas membagi ilmu kepada murid nantinya.
             Perkembangan pendidikan harus diikuti setiap siswa, maka guru yang pertama harus mengikuti perkembangan tersebut. Tidak akan mungkin Indonesia mengalami perkembangan pendidikan jika tenaga pendidikannya tidak rutin diperbarui. Memang pengalaman menjadikan kualitas, namun pendidikan butuh sesuatu yang baru agar bisa terus berkembang dan mengatasi masalah.
              Fakultas keguruan harus benar-benar mendidik mahasiswanya menjadi guru yang siap secara fisik dan mental. Fakultas ini harus membekali berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan agar mampu mencetak tenaga pendiidk yang profesional dimana saja dia berada.
              Untuk itulah fakultas keguruan dituntut menjadi unggulan. Karena, guru adalah penghubung kita dengan ilmu. Tidak akan mungkin kita bisa mendapat ilmu yang maksimal tanpa adanya seorang pengajar yang berkualitas. Semoga kedepannya fakultas keguruan di Indonesia semakin unggul dan berkembang.
           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari Sembromo, Hasil Seniman Kota Batu untuk Tamu

Tempat wisata alam menarik di Kota Batu

Perkembangan Televisi di Indonesia